Saya Cina, Saya bangga Indonesia! So what?

Suatu kali, saya pulang ke rumah dalam keadaan marah & kecewa, karena ada yang menyebut saya Cina. Padahal saya tidak merasa sebagai orang Cina, dari kecil saya sebagai orang Indonesia. Berbagai perasaan tumpah menjadi satu, sedih, kecewa, marah & tertekan. Saya mulai belajar untuk menerima keadaan itu, tapi saya tahu, saya tetap cinta Indonesia, tetap merasa sebagai orang Indonesia, karena saya lahir dan tumbuh dewasa di Indonesia dan saya sangat bangga sebagai orang Indonesia.Tidak lama, saya mendapat panggilan dari kedutaan Amerika. Rupanya permohonan visa saya untuk pindah ke Amerika diterima. Kami senang!

Indonesia

Sebelum berangkat, saya ketemu seorang teman. Saat sedang makan siang, tiba-tiba dia bilang, “Kalau Tuhan sudah buat kamu lahir di negeri ini, artinya Dia mau kamu memberikan dampak yang baik bagi negeri ini dan akhirnya kamu mati dan di kuburkan disini”. Kata demi kata disampaikan sambil makan, tanpa ekspresi yang berlebihan, tapi dampaknya … Seketika saya terdiam, lalu meledak dengan tangisan yang sangat dalam. Saya menangis, saya mengerang, saya tersedu sedan, menangis sejadi- jadinya. Saat itu saya merasa sudah melukai hati Tuhan.

Saat larut dalam tangisan, saya mendengar kata-kata Nya yang lembut dan penuh kasih, “Aku mau kamu ada di Indonesia, cintailah bangsa ini, karena Aku mencintai bangsa ini Indonesia ada di hatiKu, upayakan yang baik bagi bangsa ini. Sama seperti Aku mengasihi Indonesia, kamu harus mengasihi INDONESIA. ” Setelah itu kami putuskan untuk tetap hidup di Indonesia.

Herannya, untuk tetap hidup di Indonesia. Herannya, saya tidak pernah sakit hati lagi kalau ada yang menjuluki saya dengan panggilan yang dulu saya tidak suka, saya bisa menerima diri saya apa adanya. Cinta saya pada bangsa dan negara Indonesia, semakin menjadi-jadi. Jangan pernah menyampaikan joke atau lelucon tentang Indonesia, saya pasti tidak tertawa. Saya tidak akan menjadi presiden, atau menteri, pejabat negara atau anggota DPR, tapi bukan berarti saya tidak dapat ikut membangun Indonesia. Kalau ada yang bertanya MENGAPA, maka jawab saya, “Karena Indonesia ada di hatiNya, dan Indonesia juga ada di hatiku” Whatever I love Indonesia #betterindonesia

Leave a Reply

