Jelajah Gizi Berbagai Spesies Ikan

Mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kita, mencegah berbagai penyakit kronis dan penurunan kognitif, dan itu semua dikarenakan kekayaan kandungan lemak omega 3, EPA tertentu dan DHA.

fish_016

Tapi jenis ikan yang berbeda memiliki kandungan omega 3 bervariasi bukan saja tergantung dengan apa yang mereka makan, tetapi juga dengan kondisi lingkungan di mana mereka tumbuh, seperti kandungan garam air, suhu, lokasi geografis dan juga dengan waktu.

Ikan kaya lemak dan sedikit lemak

Kandungan lemak secara langsung berkaitan dengan spesies ikan. Ada ikan yang secara alami rendah lemak (kurang dari 2%), seperti halibut, lemak ikan (lebih dari 8% lemak), seperti salmon atau sarden, dan juga di antaranya (dengan kadar lemak antara 2% dan 8 %), seperti turbot.

Ikan dari laut atau dari sungai

Ikan laut biasanya memiliki lebih banyak lemak omega 3 dibanding ikan air tawar. Rupanya, kandungan garam dari air mempengaruhi kandungan omega 3 pada ikan. Ikan laut telah meningkatkan kandungan gizi lemak omega 3, dan makanan mereka kaya dalam sumber-sumber alami omega 3, seperti zooplankton, ganggang dan ikan laut lainnya, yang mampu menyediakan omega 3 yang mereka butuhkan.

Ikan air tawar, meskipun mereka memiliki lemak omega 3, tetapi ikan air tawar memiliki jumlah yang lebih tinggi untuk omega 6 lemak. Perbedaan ini dapat dilihat jelas di ikan yang berubah antara air asin dan air tawar – hanya dalam satu bulan kandungan omega 3 dari ikan berubah menjadi lebih tinggi di air asin.

Ikan air dingin dan ikan air hangat

Suhu air juga sangat mempengaruhi kandungan omega-3 pada ikan. Peneliti yang lain melaporkan bahwa ikan air dingin yang kaya lemak omega 3. Jumlah yang lebih tinggi di lemak tak jenuh ganda omega 3 dalam ikan air dingin tampaknya menjadi adaptasi fisiologis untuk memastikan kelangsungan hidup mereka. Lemak omega 3 ini (EPA tertentu dan DHA) memastikan fleksibilitas yang lebih besar dari membran sel mereka, terutama pada suhu yang sangat rendah, seperti yang ditemukan di laut dingin.

Ikan budi daya

Kandungan omega-3 dalam ikan budi daya akan bervariasi, tergantung pada jenis lemak yang terkandung dalam pakan mereka.
Beberapa peneliti sedang mencari makan yang sempurna, dengan menggunakan minyak yang berbeda (minyak dari ikan lain, atau minyak sayur yang berbeda, seperti biji rami atau kedelai) untuk memastikan komposisi gizi yang memadai ikan yang dihasilkan. Dalam hal ini, setiap spesies ikan, karena tumbuh di bawah kondisi lingkungan yang berbeda, akan memiliki proporsi yang berbeda dari asam lemak esensial. Beberapa spesies akan memiliki mereka omega 3 meningkatkan konten, sementara yang lain akan memiliki jumlah yang lebih tinggi dari omega 6 lemak.

Apakah ini berarti bahwa kita hanya harus mengkonsumsi ikan air dingin dari laut untuk memastikan pasokan omega 3?
Tidak.

Yang lebih penting dari meningkatkan asupan lemak omega 3, adalah memastikan keseimbangan antara lemak omega 3 dan omega 6 yang kita konsumsi. Semakin banyak lemak omega 6 yang kita makan, semakin besar kebutuhan kita untuk lemak omega 3. Dengan demikian, dengan mengurangi konsumsi lemak omega 6, kita membutuhkan lemak omega 3 lemak lebih sedikit untuk kesehatan kita.

Dari sudut pandang sustainability, tidak mungkin hanya makan ikan dari laut. produsen akuakultur yang berbeda mengoptimalkan kualitas pakan ikan dan juga cara mereka diproduksi, sehingga kita mendapatkan tingkat yang memadai omega 3 dari ikan yang dihasilkan dengan cara ini. Sayangnya, kami tidak bisa mendapatkan informasi yang produsen akuakultur yang lebih sensitif terhadap masalah ini.

 

Pelajari juga dengan seksama tabel nutrisi di bawah ini

tabel-gizi-ikan

Sumber Tabel

Dapat kita perhatikan dengan jelas bahwa rata-rata protein ikan air tawar lebih rendah daripada ikan air laut. Juga kandungan kolesterol ikan air tawar cenderung lebih tinggi daripada ikan air tawar

Advertisements